Apa Kepribadian Anda ? Temukan Jati Diri Anda !

RESUME  BUKU

Judul                 : YOUR PERSONALITY TREE (edisi Indonesia)
Penulis              : FLORENCE LITTAUER
Penerjemah      : Yudith Listiandri
Penerbit            : MIC PUBLISHING
Tebal Halaman : 334 hlm

TEMUKAN JATI DIRI ANDA !

Cover depan Buku. via Doc. Pribadi Penulis
Oleh :

Dimana kita bisa menemukan jati diri kita ? Socrates yang filosofis berkata, “Mengenal diri sendiri adalah awal kebijaksanaan”. Aldous Huxley menjelaskan, “Hanya ada satu sudut di alam semesta ini yang bisa kau yakini akan membaik, dan itu adalah dirimu sendiri”.
Tetapi bagaimana caranya ?

Mari cari tau kepribadian anda  :
Jika ada sebuah drama akan dipentaskan, bagaimana kau ingin terlibat ?
Bintang
Sutradara
Produser
Penonton

-          Si Sanguinis semuanya ingin menjadi bintang (tokoh utama/pun pemeran)
-          Si Koleris suka dengan ide menyutradarai
-          Si Melankolis ingin bekerja dibelakang layar
-          Si Plegmatis yang tidak peduli akan dilibatkan atau tidak.
Sanguinis
( Bintang ) / ramah – optimis
Koleris
( Sutradara ) / agresif – aktif
Melankolis
( Produser ) / introver – pesimis
Plegmatis
( Penonton ) / pasif – damai


Cara Mengenali & Mengetahui Kebutuhan setiap kepribadian  :
  • Si Sanguinis ; pada hakikatnya ia bertindak berdasarkan keinginan untuk BERSENANG-SENANG, dan kebutuhannya akan PERSETUJUAN. Mereka sangat peka terhadap kemungkinan Penolakan, setipis apapun itu. si Sanguinis harus menjadi bagian dari kelompok, kelompok siapa pun itu. si sanguinis akan melakukan banyak hal saat mendengar kata-kata yang memberi semangat dibandingkan dengan teriakan, kritikan, atau hukuman.
  • Si Melankolis ialah orang yang berharap mendapatkan KESEMPURNAAN pada suatu hari nanti meskipun itu hanyalah mimpi yang mustahil. Akan tetapi, ia tidak hanya digerakkan oleh kebutuhan akan kesempurnaan, tetapi juga oleh keinginan agar orang lain merasakan dan merespons kebutuhan dan perasaannya tanpa mereka perlu mengatakanya (membutuhkan KEPEKAAN).
  • Si Koleris sangat Produktif, mampu membuat keputusan yang cepat dan kompeten, dan kadang bisa mengungguli orangtuanya. Dia percaya diri dan penuh kebanggaan, juga sering bersikap seperti bos dan canggung. Kebutuhan terbesarnya adalah MEMEGANG KENDALI, jika tidak terpenuhi akan memicu amarahnya. Pastikan untuk memberi argumen yang masuk akal karena si koleris cenderung memberontak ketika suatu kedisiplinan tuntutan tidak didasari penjelasan yang logis. Dia biasanya ingin mengetahui alasannya sebelum dia melakukan hal yang diperintahkan.
  • Plegmatis adalah pendengar dan pendamai yang baik, ketidaktegasan dan kurangnya motivasi dapat melumpuhkannya dengan penundaan dan kemalasan. => hadapilah ia dengan memberikan pilihan sederhana, bantulah dia untuk membuat keputusannya sendiri, dan pujilah dengan hangat setiap keputusannya meskipun bukan keputusan yang baik. masalah plegmatis yang suka menunda-nunda tidak hanya disebabkan oleh kemalasan, tetapi juga oleh ketidaktegasan. Si Plegmatis membutuhkan KEDAMAIAN, dan bisa jadi sakit secara fisik bila mengahdapi konflik dan pertentangan. Ketika dipaksa menghadapi kemarahan orang lain, si plegmatis kehilangan semua proses dan mengalami kekosongan mental. Ia memiliki kebutuhan mendalam untuk merasa spesial bagi seseorang, jadi jangan abaikan mereka meski tidak menuntut apapun.
Buku ini mengungkapkan bahwa setiap kepribadian itu memiliki ciri khasnya masing-masing, memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun perlu kita ketahui itu tidaklah hina, atara satu sama lain  dapat saling melengkapi dan kasih mengasihi. 
Koleris lebih tertarik melakukan semuanya secepat mungkin daripada sesempurna mungkin. Sanguinis tidak menyadari bahwa mereka belum melakukannya dengan benar, dan Plegmatis tidak begitu peduli, sedang Melankolis sangat menjaga semuanya tetap berada dijalurnya, dan mengutamakan kesempurnaan

Setelah membaca buku ini, mengingatkan saya kembali bahwasanya Skenario Allah amat indah, sebagaimana Firman-Nya :
“Wahai semua manusia, sesungguhya Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, dan Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku, agar kamu sekalian saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah adalah yang paling bertakwa. Sesungguhnya Allah itu Maha berilmu lagi Maha Mengetahui”. (Al Hujurat: 13)

Yang Paling mengesankan dari buku ini. Setiap kalimatnya membawa saya kembali teringat pada setiap orang dalam hidup saya lengkap dengan wajah, tingkah dan tempramennya. (Nuraini)



Komentar